KOMPAS.com – Membuat rumah tampak bersih merupakan tugas yang mudah, tapi juga bisa memberatkan bagi sebagian orang. Untuk lebih memudahkan Anda menjadikan rumah tampak bersih, setidaknya asah lima kebiasaan ini.

1. Selalu membersihkan

Anda tidak perlu menggosok lantai setiap hari, tetapi pertimbangkan untuk mengelap kabinet setiap setelah memasak. Anda juga bisa mengelap pancuran setelah menggunakannya, meletakkan dokumen langsung di tempat khusus, bukan di atas meja atau sembarang tempat, serta mencuci piring setiap sesudah makan.

Artinya, Anda bisa membersihkan hal apa pun sesedikit mungkin dengan cara mengikuti keseharian Anda. Hal ini lebih mudah ketimbang jika Anda menanggap bahwa membersihkan rumah merupakan hal besar dan menakutkan yang hanya bisa dilakukan seminggu sekali.

2. Meletakkan barang di tempatnya semula

Anda harus memastikan barang-barang sudah berada di tempatnya. Misalnya, kabinet tersapu bersih dan baju kotor sudah di dalam keranjang. Tdak perlu memvakum lantai setiap pagi, namun Anda bisa menyapu bagian-bagian yang paling sering dilewati.

Sebelum tidur, Anda bisa mengembalikan perabot yang telah digunakan seharian, di tempatnya semula. Dengan begitu, Anda akan menemukan energi lebih dari rumah yang terlihat rapi dan bersih. Lakukan poin ini secara reguler supaya rumah tetap nyaman.

3. Meletakkan pembersih di dekat tempat yang paling kotor

Di dalam rumah ada titik-titik yang paling mudah dan cepat kotor. Pastikan untuk menyimpan peralatan atau perlengkapan kebersihan di titik yang mudah untuk dijangkau sehingga kegiatan membersihkan menjadi lebih mudah.

Umumnya tempat yang mudah kotor adalah wastafel kamar mandi. Penyebabnya, bisa dicegah lebih cepat secara teratur jika Anda menyimpan alat pembersih di bawah wastafel, misalnya sikat atau lap.

4. Membiarkan beberapa tempat berantakan

Tuntutan akan kesempurnaan dalam setiap inci dari rumah dapat menyebabkan Anda merasa tertekan. Ingatlah bahwa tidak ada yang mengharapkan Anda untuk menjaga setiap tempat dalan rumah dan hidup bersih selama 24 jam.

Oleh sebab itu, berikan kelonggaran pada beberapa tempat khusus. Sebut saja tempat sampah kering, yang berisi kertas-kertas. Anda tidak perlu mengosongkan dan membersihkannya setiap hari. Anda bisa menunggunya sampai penuh terlebih dahulu, sebelum dikosongkan.

5. Setiap akan membeli sesuatu, tanyakan pada diri Anda “Apakah saya benar-benar membutuhkan ini sekarang?”

Beberapa orang seringkali membeli sesuatu dengan alasan bisa menggunakan barang tersebut lain waktu.

Jika Anda tidak memberi batasan pada diri sendiri, Anda bisa membeli setiap kesempatan. Misalnya, saat Anda melihat desain furnitur yang indah dan berakhir dengan membelinya padahal ruangan di rumah Anda terbatas.

Untuk memerangi dorongan dan menjaga rumah Anda tidak berantakan serta mudah dibersihkan, selalu tanyakan pada diri sendiri ketika akan membeli sesuatu: “Apakah saya benar-benar membutuhkan ini?”

~

Source: Lima Kebiasan Wajib Agar Rumah Tetap Rapi – Kompas.com Properti