KUPANG, TIMEX-Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT membangun kerjasama dengan tiga developer dan BTN Cabang Kupang untuk menyediakan rumah murah bagi para PNS.
Kabid Disiplin dan Kesra, BKD NTT, Aba Muhamad, kepada koran ini saat ditemui di kantornya, Kamis (28/5), mengatakan, kegiatan pameran rumah murah ini sudah tiga kali dilakukan dan difasilitasi pemerintah melalui BKD. Tahun ini mencoba memperluas dengan banyak melibatkan pihak swasta untuk membantu PNS dalam rangka pelayanan produk murah terutama perumahan. “Banyak PNS yang belum memiliki rumah karena itu silahkan mendaftar ditiga developer. Salah satunya Pondok Indah Matani dan Sejahtera Land,” ajaknya.
Rumah murah yang disediakan itu lanjutnya, bunganya lima persen setiap tahun sampai selesai cicilan tidak bertambah. Selain rumah, Pemrpov juga sudah asuransikan semua PNS untuk ketenagakerjaan. “Ini tidak dipotong dari gaji. Pemerintah membayar iuran,” bebernya.
Tentang proses untuk memperoleh rumah murah itu, kata Aba, ada tambahan tabungan perumahan gratis Rp 4 juta dari Bapetarum-PNS. “Ini kabar baik buat PNS sehingga kami akan teruskan dengan mengajak semua PNS yang belum pernah memiliki rumah untuk menggunakan fasilitas ini karena tawaran REI dengan uang muka hanya Rp 1.265.000, PNS sudah bisa miliki sebuah rumah dan juga ada tabungan perumahan gratis,” ungkap Aba.
Ketua DPD REI NTT, Bobby Lianto mengatakan, tipe perumahan yang ditawarkan adalah Tipe rumah 30 dan ada juga tipe 36. Luas tanahnya 120 meter. “Ini diberikan dengan harga maksimal di Provinsi  NTT Rp 126.500.000 dan bebas PPN,” ungkapnya.
Bobby menjelaskan, keuntungan yang di dapat dari program rumah murah itu banyak. Diantaranya bebas PPN, DP hanya 5 persen bahkan bisa 1 persen apabila instansi punya kerjasama kolektif dengan BTN, bebas biaya asuransi, bunga murah hanya 5 persen dan cicilan tetap sampai akhir masa kredit. “Cicilannya tidak akan bertambah walaupun terjadi krisis moneter. Ini dijamin pemerintah,” tegas Bobby.
Ditambahkannya, dalam Pameran REI yang diselenggarakan selama tiga hari ini, hanya ada tiga perumahan saja yang melayani FLPP yaitu Pondok Indah Matani, Sejahtera Land Game Stone, dan Vila Gloria. Semuanya memberikan DP 1 persen ditambah dengan kebijakan Bapertarum-PNS terkait bantuan uang muka gratis dalam tabungan perumahan Rp 4 juta.
“Sejak di-launcing program sejuta rumah oleh pemerintah bulan April kemarin sudah 150 unit rumah yang terjual. Dan Kita targetkan penjulan rumah tahun ini capai 400 unit. Kita yakin akan terjadi pembelian rumah besar-besaran karena uang muka atau DPnya hanya Rp. 1 juta,” kata Bobby.
Pejabat Bapetarum-PNS, Is Parianto mengatakan dalam mendukung program pembangunan sejuta rumah oleh pemerintah maka Bapetarum memberikan gratis uang muka Rp 4 juta. “Karena itu kita anjurkan agar PNS bisa gunakan fasilitas pemerintah ini. Untuk PNS golongan I, II dan III kita beri uang muka tunai Rp 5,2 juta hingga Rp 5,8 juta. Bagi golongan IV, kita berikan uang tunai Rp 4 juta tanpa cicil, namun tetap dalam mekanisme perbankan dengan syarat PNS yang sudah bekerja selama lima tahun dan belum pernah memiliki rumah sebelumnya,” ungkapnya. “Ini merupakan suatu keuntungan bagi para PNS di NTT,” tambahnya.
Pimpinan BTN cabang Kupang, Rabono mengatakan, dalam rangka sinergisitas menyukseskan program pemerintah membangun sejuta rumah, BTN mendukung dengan memberikan kredit murah kepada PNS, TNI dan Polri serta BPJS ketenagakerjaan.
“Tentunya gaji PNS diambil melalui BTN, DP untuk dapat rumah itu cukup satu persen uang muka dengan suku bunga 5 persen dalam jangka waktu sampe kredit lunas maksimal 20 tahun,” urainya.
Dia berharap PNS dapat gunakan fasilitas ini untuk membeli rumah di developer yang menyediakan. (kr8/aln)

 

Source: Pemprov NTT Siapkan Rumah Murah Bagi PNS – Timor Express