KOMPAS.com – Rumah yang tidak memiliki halaman, tidak bisa menjadi alasan Anda tidak memelihara taman. Anda tetap bisa menciptakan taman di teras rumah. Taman di teras dapat menciptakan keintiman, mudah dikelola dan juga mempercantik tampilan luar rumah Anda.

Ini beberapa cara untuk menciptakan taman di teras rumah.

Kondisi cuaca

Sebelum membeli dan merawat tanaman, Anda harus pastikan jenis tanaman yang sesuai dengan cuaca dan lingkungan sekitarnya. Perhatikan tanaman-tanaman yang dipajang pada toko tanaman.

Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan iklim di luar ruangan tersebut, misalnya jenis tanaman akan mendapatkan cahaya yang cukup dan berapa lama, apakah balkon terbuka atau tertutup tembok, apakah tanaman harus ditempatkan di tempat teduh.

Pikirkan baik pertanyaan-pertanyaan tersebut agar dapat menentukan tanaman yang sesuai teras atau balkon rumah.

Tanaman sementara atau tahan berbagai musim

Beberapa tanaman hanya bertahan pada musim-musim tertentu, misalnya bunga kemangi atau beberapa sayuran. Kelebihan memiliki tanaman seperti ini, taman Anda akan senantiasa baru. Namun, Anda juga harus menyiapkan waktu ekstra untuk menggantinya.

Jika Anda terlalu sibuk untuk hal ini, solusinya adalah dengan menanam tanaman yang tahan pada berbagai musim, misalnya Bromelia.

Pot dan pupuk

Saat memilih pot, selain mempertimbangkan penampilan luarnya, Anda juga perlu memperhitungkan bahan pot. Pot yang terbuat dari bahan berpori, seperti terra cotta, menawarkan drainase yang lebih baik dari pot plastik. Pot plastik tidak memungkinkan air keluar dari pot.

Pot dengan lubang juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk menjaga akar tanaman tidak membusuk karena penyiraman yang berlebihan.

Setelah pot, pupuk juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan. Campuran pupuk akan cukup untuk kebanyakan tanaman, tetapi perhatikan juga bahwa beberapa tanaman yang mengandung banyak air, membutuhkan campuran pupuk yang berbeda.

Furnitur

Tidak hanya tanaman, untuk mempercantik teras, Anda juga memerlukan furnitur. Meja bistro kecil dengan beberapa kursi, merupakan perpaduan yang cocok di teras.

Pertimbangkan juga tata letak furnitur dengan tanaman, misalnya menyesuaikan warna bunga dengan warna furnitur.

Penempatan berbeda

Anda bisa menempatkan tanaman di berbagai tempat di taman, misalnya dengan cara menggantung. Cara ini efektif untuk menambah ruang di teras Anda dan menjadi daya tarik tersendiri.

Tanaman menggantung di jendela atau pot yang digantung, merupakan alternatif hiasan taman di balkon.

Penulis : Arimbi Ramadhiani

Source: Tidak Punya Halaman Rumah? Coba Bangun Taman di Teras – Kompas.com Properti