4-tujuan-wajib-di-kupang

Nusa Tenggara , baik NTT maupun NTB, memang memiliki potensi wisata yang tak ada habisnya. Meski namanya belum sepopuler Labuan Bajo, Pulau Komodo, maupun Flores, Kupang juga punya potensi wisata bagus. Berikut ini di antaranya.

#1 Air terjun Oenesu
Air terjun ini memang bukan tipe air terjun yang menjulang tinggi. Pun demikian ia memiliki daya tarik tersendiri. Air terjun Oenesu memiliki ketinggian sekitar 3-5 meter, dan tersusun bertingkat. Air nya yang jatuh deras di bebatuan menimbulkan kesan eksotis bagi siapapun yang melihatnya. Apalagi, air terjun Oenesu terletak di antara pepohonan yang menyejukkan. Pastikan Anda ke sana jika mampir ke Kupang. Tiketnya pun murah, hanya Rp5.000.

#2 Pulau Kera
Yang ini juga merupakan destinasi wisata wajib jika ke Kupang. Jika sedang berada di tepi pantai Kupang, Anda dapat melihat sebuah pulau kecil menyembul di tengah laut. Itulah Pulau Kera. Pulau itu menawarkan kenikmatan wisata pantai, dengan pasir putih dan campuran warna merah dari karang serta birunya laut. Untuk menuju Pulau Kera, Anda bisa menyewa perahu nelayan setempat. Waktu tempuhnya selama satu jam. Di sana, rasakan juga keramahan penduduk lokal yang hidup dengan sederhana.Destinasi berikut akan memuaskan hasrat traveling Anda!

#3 Gua Kristal
Ini merupakan gua yang unik. Meski berbatasan dengan laut, air di dalam Gua Kristal bukanlah air asin. Selain itu, airnya pun bening sekali, hingga Anda dapat melihat menembus ke dasar gua. Jika Anda menyukai petualangan, Gua Kristal sayang untuk dilewatkan. Petualangan Gua Kristal dimulai sejak awal. Sebelum memasuki gua, Anda akan dibawa melewati jalanan karang, sebelum tiba di pintu gua yang terdiri dari batuan-batuan yang menyatu dan membentuk pintu sempit. Ketika tiba di dalam, manjakan mata Anda dengan mengamati batu-batu besar kecoklatan. Bonus akan tiba siang hari. Sinar matahari yang menerobos masuk akan membuat air di Gua Kristal jadi berkilauan.

#4 Soe
Tujuan wisata wajib di Kupang tak lengkap tanpa Soe. NTT seringkali diasosiasikan sebagai kawasan wisata bahari yang terik dan kering. Pendapat itu memang beralasan. Tapi, Soe adalah tempat untuk melarikan diri dari semua itu. Soe terletak di kabupaten Timor Tengah Selatan, sekitar dua jam dari Kupang. Daerahnya merupakan perbukitan, sehingga udara di sana relatif dingin dan berangin. Wisata ke Soe tentunya tak lengkap tanpa mengunjungi desa-desa kecil di sekitarnya, seperti desa Pene Utara atau Nekke. Kehidupan mereka yang sederhana akan membuat ajang jalan-jalan Anda tak sekedar bersenang-senang, tapi juga merupakan refleksi diri. Anda masih bisa menemukan Lopo di sana, rumah tradisional yang terbuat dari kayu dan daun lontar. (Bayu Maitra)

~

Source: 4 Tujuan Wisata Wajib di Kupang :: Travel :: Readersdigest.co.id