POS KUPANG.COM, KUPANG — Bila Anda datang ke Kota Kupang, Ibu Kota NTT, tidak akan lengkap bila Anda belum menikmati jagung bakar yang dijual di sepanjang Jalan El Tari Kupang. Dua jenis jagung bakar yang disajikan yakni jagung bakar manis dan jagung bakar pulut siap menjadi santapan menu kecil sore Anda sambil nongkrong menikmati cuaca sore di depan deretan gedung pemerintah di bilangan Jalan El Tari Kupang. Untuk menikmati jagung bakar pilihan, Anda tidak akan merogoh kocek dalam. Satu buah jagung bakar hanya Rp 7.000. Tinggal Anda memilih jagung manis atau jagung pulut. Dua-duanya sama enaknya. Tergantung selera Anda masing-masing. Selain itu Anda juga bisa menikmati pisang bakar khas Kupang NTT dilumuri susu yang dijual Rp 10.000 per porsinya.

Rata-rata belasan penjual jagung bakar membuka lapaknya sekitar pukul 16.00 setiap hari di pinggir jalan El Tari Kupang. Bahkan para penjual jagung menggelar dagangannya hingga larut malam. Dengan demikian, setiap pelancong dapat nongkrong berjam-jam sambil menikmati jagung hingga menunggu pergantian waktu di Jalan El Tari Kupang.

Tak hanya memberikan satu buah jagung bakar, untuk menambah kenikmatan melahap jagung bakar para penjual menyediakan margarin dan sambal khas NTT. Jadi menu jagung bakar Anda makin bervariasi rasanya dan siap dilahap sampai tak tertinggal satu buliran di isi jagungnya.

Untuk mendapatkan jagung bakar yang lezat, pilihlah jagung yang belum dibakar lalu meminta penjualnya membakarnya. Pasalnya, pedagang sering menyediakan jagung bakar yang sudah dibakar dan siap dinikmati. Tentunya, jagung bakar yang sudah distok sudah dingin. Padahal, menikmati jagung bakar akan lebih enak kalau kondisi jagungnya masih hangat. Selain rasanya yang enak, menikmati jagung bakar di Jalan El Tari Kupang memiliki sensasi lain. Saat sore hari, Anda bisa menyaksikan anak-anak muda berkumpul sambil jogging di area Kantor DPRD NTT hingga rumah jabatan Gubernur NTT.

Tak sedikit pula, warga setempat menghabiskan waktu sore hari sambil menghilangkan penat setelah seharian bekerja sambil memakan jagung bakar di pinggir Jalan El Tari Kupang. Anda pun dapat menyaksikan lalu lalangnya kendaraan bermotor dan pejalan kaki yang melintas di Jalan El Tari Kupang. Boleh dibilang, Jalan El Tari Kupang, sering dijadikan ajang tempat nongkrong favorit bagi anak-anak muda pada sore hari untuk sekedar ngobrol, foto ataupun berolahraga.

Bila Anda tidak menyukai jagung, tak jauh dari penjual jagung, Anda dapat menjumpai penjual bubur kacang hijau dan ketan hitam. Soal harga, murah meriah. Satu mangkok bubur kacang hijau yang panas hanya Rp 5.000. Murah bukan.

Kalau Anda tertarik menikmati jagung bakar El Tari Kupang, Anda dapat mengunjungi lokasi itu dengan menumpang angkutan umum bernomor lampu tujuh. Anda dapat turun di depan Kantor DPRD NTT atau rumah jabatan Gubernur NTT. Lokasi jagung bakar berada disebarang jalan. Tinggal Anda memilih tempat lantaran banyak pedagang yang berjualan jagung bakar di pinggir jalan tersebut.*

~

Source: Jagung Bakar El Tari, Nikmati Jagung Khas Kupang NTT – Pos Kupang